Rapat Evaluasi T3 Group
A. Informasi Umum
- Rapat Ke :II/01/2010
- Hari / tanggal :Sabtu
- Waktu :17.00-21.00
- Tempat : Sekertariat T3 Group Cikawao Dalam II
- Jumlah peserta : 10 orang ( Daftar hadir terlampir
- Agenda :
- Evalusasi Kuliah Smst Ganjil 2009/2010
- Rencana Jadwal Diskusi Tahun 2010
- Any Others Business
- Nama Pimpinan Rapat : Kery
- Nama Notulens :Kery
B. Jalannya Rapat :
1 Rapat diawali dengan penyampaian Agenda RApat Evaluasi
2 Rapat dipimpin oleh Kery
3 Selanjutnya rapat dpimpin oleh Kery
C. Pokok pokok pembahasan
Selama rapat berlansung sesuai dengan Agenda Rapat yang telah disepakati maka pokok pembahasan adalah sbb :
- Pendapat tiap partisipan dalam rapat tentang Evaluasi Perkulihaan Smst Ganjil
- Perlu adanya relevansi isu diskusi dengan mata kuliah yang diprogramkan dalam semester berlansung.
- Perlu adanya penguasaan atau pemhaman teori yang relevan dengan analisa masalah kajian matakuliah baik dalam Ujian UTS maupun UAS.
b. Francelino
- Bagaimana mengaplikasikan teori dengan bahan kajian atau issu yang dikaji.?
- Belum bisa membuat konsistensi waktu dalam up to date tugas matakuliah.
- Mengingat interkasi kita di kelas sangat baik sekali namun, kadang beberapa dari kita belum mampu menempatkan budaya diskusi yang sesusi dengan etika komonikasi yang persuasive.
c. Arsenio
- Perlu adanya perubahan mentalitas boros waktu di depan Internet yang kurang benefit misalnya waktu dihabiskan hanya FB sedangkan ada prioritas yg perlu dicari dalam Browsing internet.
- Perlu adanya priortas kegiatan harian selain kuliah di kelas.
d. Inacio
- Masih kurangnya pemahaman bagaimana membuat klasifikasi tingkat kesulitan atau hambatan dalam memahami isi materi per matakuliah. Bagaimana kita mengatasi persoalan ini.
- Bagaimana membuat prioritas buku-buku dari Sylabus mata kuliah yg diprogramkan.
e. Nico
- Selama ini belum memahami apa itu Satuan Acara Perkuliahan
- Kami perlu mendapatkan share pengalaman dari teman-teman bagaimana proses perkuliahan ideal.
f. Jhon
- Ketika beriteraksi di kelas ataupun dalam suatu seminar masih terbatasnya penguasaaan atau kemampuan tata bahasa (baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris).
- Bagaimana mengatasi kendala ini.
g. Olive.
- Perlu adanya daya kritis dalam diskusi kelas agar proses interaksi kelas dinamis serta mampu menyerap materi yang dipresentasikan oleh Dosen pengajar.
h. Kerytilo
- Berbicara tantangan dan kelemahan terdapat beberapa hal:
- Belum adanya kesadaran pentingnya kualitas dalam proses perkuliahan maupun tujuan akhir dari kuliah.
- Mentalitas kekanak-kanakan dalam melihat prioritas belum maximal.
- Belum adanya disiplin waktu dan upaya untuk belajar maximal selama menjadi Mahasiswa.
2. Upaya-upaya tindakan strategis untuk meningkatkan kemampuan belajar
Dalam rangka meningkatkan kemampuan belajar pada universitas ada beberapa hal penting yg harus diperhatikan sebagai seorang mahasiswa, antara lain:
a. Kehadiran
- Selalu hadir pada setiap Perkuliahan
- Datang tepat waktu pada setiap jam perkuliahan
- Selalu menginformasikan kepada dosen jika berhalangan hadir dalam kelas.
b. Perkuliahan
- Awal Perkuliahan, maksud dan Tujuan perkulihan harus diketahui.
- Memahami kriteria penilaian yang diberikan oleh Dosen
- Memahami Satuan Acara Perkuliahan (referensi Buku)
- Mempersiapkan diri materi berdasarkan SAP
- Dalam interaksi kelas Usahakan bertanya berdasarkan relevansi dan Contoh kasus konkrit yang dibahas.
- Baca Buku minimal 2 untuk setiap matakuliah
c. Evaluasi
Untuk evaluasi diri harap diperhatikan beberapa hal, antara lain: Berdasarkan Aturan Urgensi; Berdasarkan aturan Kepentingan (penting tidaknya) dan berdarakan periodik
Untuk proses perkuliahan, dihaharapkan membuat prioritas berikut ini:
- Usahakan Kerjakan Tugas Mata kuliah on Time
- Membuat Pertanyaan-pertanyaan kunci dari pembahasan SAP.
- Membuat ringkasan materi per Satuan acara perkulihan
- Mempersiapkan diri dan mengukur kemampuan Evaluasi UTS dan UAS
d. Skripsi
• Rencana Judul : Untuk teman-teman yang sedang merencanakan Judul Skripsi bisa didiskusikan dgn teman-teman senior atau yang sudah bebas teori atau Alumni untuk mendapatkan referensi ide.
• Proses Penulisan: Selama masa penulisan Skripsi bisa diprogramkan dalam diskusi T3 Group dengan cara menginformasikan kepada seluruh anggota diskusi T3 group 2 minggu sebelumnya, agar masing-masing anggota mengagendakan prioritas kegiatan individual.
• Referensi Skripsi: Bisa di bantu oleh teman-teman yang memiliki buku atau referensi apapun
3. Guidelines untuk evaluasi Diri: untuk rujukan pengembangan strategi belajar yang lebih efekftif dapat mengunakan referensi ini: Ways to be A Brilliant Leaner oleh Susane Dom penerbit: Bumi Aksara.
D. Kesimpulan dan Tindak lanjut.
Setelah melalui pembahasan yang intensif, maka rapat mengambil kesimpulan dan tindk lanjut sbb:
- Perlu adanya upaya kerjasama dan partisipasi aktif dari teman-teman dalam T3 Group untuk saling melengkapi dan membantu dalam peningkatan kemampuan belajar.
- Pertemuan berikutnya akan membahas ttg Diskusi English Class dan Metode Penelitian Sosial.
Demikian notulen rapat ini dibuat sebgai acuan pelaksana .
Dibuat oleh
Notulen
(Kerytilo D. Pinto)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar