Selasa, 16 Februari 2010

Evaluasi Studi Perkulihan Semester Ganjil 2009

Rapat Evaluasi T3 Group

A. Informasi Umum
  1. Rapat Ke :II/01/2010
  2. Hari / tanggal :Sabtu
  3. Waktu :17.00-21.00
  4. Tempat : Sekertariat T3 Group Cikawao Dalam II
  5. Jumlah peserta : 10 orang ( Daftar hadir terlampir
  6. Agenda :
    • Evalusasi Kuliah Smst Ganjil 2009/2010
    • Rencana Jadwal Diskusi Tahun 2010
    • Any Others Business
  7. Nama Pimpinan Rapat : Kery
  8. Nama Notulens :Kery

B. Jalannya Rapat :

1 Rapat diawali dengan penyampaian Agenda RApat Evaluasi
2 Rapat dipimpin oleh Kery
3 Selanjutnya rapat dpimpin oleh Kery

C. Pokok pokok pembahasan

Selama rapat berlansung sesuai dengan Agenda Rapat yang telah disepakati maka pokok pembahasan adalah sbb :

  1. Pendapat tiap partisipan dalam rapat tentang Evaluasi Perkulihaan Smst Ganjil
a. Khana
  • Perlu adanya relevansi isu diskusi dengan mata kuliah yang diprogramkan dalam semester berlansung.
  • Perlu adanya penguasaan atau pemhaman teori yang relevan dengan analisa masalah kajian matakuliah baik dalam Ujian UTS maupun UAS.
b. Francelino
  • Bagaimana mengaplikasikan teori dengan bahan kajian atau issu yang dikaji.?
  • Belum bisa membuat konsistensi waktu dalam up to date tugas matakuliah.
  • Mengingat interkasi kita di kelas sangat baik sekali namun, kadang beberapa dari kita belum mampu menempatkan budaya diskusi yang sesusi dengan etika komonikasi yang persuasive.
c. Arsenio
  • Perlu adanya perubahan mentalitas boros waktu di depan Internet yang kurang benefit misalnya waktu dihabiskan hanya FB sedangkan ada prioritas yg perlu dicari dalam Browsing internet.
  • Perlu adanya priortas kegiatan harian selain kuliah di kelas.
d. Inacio
  • Masih kurangnya pemahaman bagaimana membuat klasifikasi tingkat kesulitan atau hambatan dalam memahami isi materi per matakuliah. Bagaimana kita mengatasi persoalan ini.
  • Bagaimana membuat prioritas buku-buku dari Sylabus mata kuliah yg diprogramkan.
e. Nico
  • Selama ini belum memahami apa itu Satuan Acara Perkuliahan
  • Kami perlu mendapatkan share pengalaman dari teman-teman bagaimana proses perkuliahan ideal.
f. Jhon
  • Ketika beriteraksi di kelas ataupun dalam suatu seminar masih terbatasnya penguasaaan atau kemampuan tata bahasa (baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris).
  • Bagaimana mengatasi kendala ini.
g. Olive.
  • Perlu adanya daya kritis dalam diskusi kelas agar proses interaksi kelas dinamis serta mampu menyerap materi yang dipresentasikan oleh Dosen pengajar.
h. Kerytilo
  • Berbicara tantangan dan kelemahan terdapat beberapa hal:
  1. Belum adanya kesadaran pentingnya kualitas dalam proses perkuliahan maupun tujuan akhir dari kuliah.
  2. Mentalitas kekanak-kanakan dalam melihat prioritas belum maximal.
  3. Belum adanya disiplin waktu dan upaya untuk belajar maximal selama menjadi Mahasiswa.

2. Upaya-upaya tindakan strategis untuk meningkatkan kemampuan belajar

Dalam rangka meningkatkan kemampuan belajar pada universitas ada beberapa hal penting yg harus diperhatikan sebagai seorang mahasiswa, antara lain:

a. Kehadiran
  1. Selalu hadir pada setiap Perkuliahan
  2. Datang tepat waktu pada setiap jam perkuliahan
  3. Selalu menginformasikan kepada dosen jika berhalangan hadir dalam kelas.
b. Perkuliahan
  1. Awal Perkuliahan, maksud dan Tujuan perkulihan harus diketahui.
  2. Memahami kriteria penilaian yang diberikan oleh Dosen
  3. Memahami Satuan Acara Perkuliahan (referensi Buku)
  4. Mempersiapkan diri materi berdasarkan SAP
  5. Dalam interaksi kelas Usahakan bertanya berdasarkan relevansi dan Contoh kasus konkrit yang dibahas.
  6. Baca Buku minimal 2 untuk setiap matakuliah
c. Evaluasi
Untuk evaluasi diri harap diperhatikan beberapa hal, antara lain: Berdasarkan Aturan Urgensi; Berdasarkan aturan Kepentingan (penting tidaknya) dan berdarakan periodik

Untuk proses perkuliahan, dihaharapkan membuat prioritas berikut ini:
  1. Usahakan Kerjakan Tugas Mata kuliah on Time
  2. Membuat Pertanyaan-pertanyaan kunci dari pembahasan SAP.
  3. Membuat ringkasan materi per Satuan acara perkulihan
  4. Mempersiapkan diri dan mengukur kemampuan Evaluasi UTS dan UAS

d. Skripsi
• Rencana Judul : Untuk teman-teman yang sedang merencanakan Judul Skripsi bisa didiskusikan dgn teman-teman senior atau yang sudah bebas teori atau Alumni untuk mendapatkan referensi ide.

• Proses Penulisan: Selama masa penulisan Skripsi bisa diprogramkan dalam diskusi T3 Group dengan cara menginformasikan kepada seluruh anggota diskusi T3 group 2 minggu sebelumnya, agar masing-masing anggota mengagendakan prioritas kegiatan individual.

• Referensi Skripsi: Bisa di bantu oleh teman-teman yang memiliki buku atau referensi apapun


3. Guidelines untuk evaluasi Diri: untuk rujukan pengembangan strategi belajar yang lebih efekftif dapat mengunakan referensi ini: Ways to be A Brilliant Leaner oleh Susane Dom penerbit: Bumi Aksara.


D. Kesimpulan dan Tindak lanjut.
Setelah melalui pembahasan yang intensif, maka rapat mengambil kesimpulan dan tindk lanjut sbb:
  1. Perlu adanya upaya kerjasama dan partisipasi aktif dari teman-teman dalam T3 Group untuk saling melengkapi dan membantu dalam peningkatan kemampuan belajar.
  2. Pertemuan berikutnya akan membahas ttg Diskusi English Class dan Metode Penelitian Sosial.

Demikian notulen rapat ini dibuat sebgai acuan pelaksana .

Dibuat oleh
Notulen


(Kerytilo D. Pinto)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar